Tentang

Entah telah sekian kali blog ini bermetamorfosis sejak pertamakali ditelurkan ke beranda mesin pencari dan dinding media sosial. Ada bongkar-pasang tampilan, gonta-ganti menu, pilah-pilih artikel, termasuk uji-coba script.

Demikianlah, ia turut di-upgrade seturut perkembangan teknologi, berusaha menyesuaikan diri dengan keriwehan alogaritma. Meski tidak selalu. Pernah ia ditinggal sekian tahun lamanya, saat sang pemilik kelewat asyik sendiri dengan dunianya.

Di hari-hari ini, ia diperbaharui kembali. Selagi ingat. Ingat dengan ruang kecil di sudut internet,  tempat pemiliknya dulu pernah mati-matian belajar menuangkan gagasan lewat blogspot dan susah-payah menyebarkannya di serambi medsos.

Banyak yang diubah. Termasuk namanya. Dulu blog ini bernama Nara Reba Manggarai. Kini disingkat, sedikit lebih pendek: Narareba. Namun, itu tidak mengubah apa yang menjadi tujuannya dibuat sejak dahulu kala: Catatan Seorang Perantau Manggarai, Flores, NTT.

Untuk menjaga marwah "visi" serta "nama" yang pernah membesarkannya, deskripsi  'about-nya' tidak dihilangkan. Tetap utuh disimpan untuk dikunjungi, oleh mereka yang pernah bertamu, atau oleh mereka yang akan singgah.

Selamat datang..

Tentang Narareba

Nara Reba Manggarai
Nomen atque omen quantivis iam est preti. Dialog Toxilus dalam naskah drama berjudul "Persa" yang ditulis oleh Titus Maccius Plautus (c. 254 – 184 SM) itu menjadi awal dari ungkapan yang kini jamak dipakai.

Nomen est omen. The name is a sign, the name speaks for itself. Nama adalah sebuah pertanda.

Plautus hanya membunyikan kembali apa yang telah ada sejak awal penciptaan; bahwa manusia adalah makluk yang "me-nama-i" segala sesuatu yang dilihat dan dialaminya (Bdk. Kejadian 2:1-24).

Bagi manusia, nama adalah prasasti usut-asal, "bunyi" yang didalamnya turut tersimpan doa sekaligus pemaknaan dari sang "pemberi nama" atas pribadi atau benda yang "dinamai-nya".

Pemberian nama "Nara Reba Manggarai" juga mengamini hal itu, bahwa ada doa dan harapan yang terkandung di setiap sudut blog sederhana ini.

Tentang arti dari nama blog yang telah dirintis sejak tahun 2008 ini telah sedikit diceritakan dalam beberapa artikelnya. Namun, sebagai gambaran awal untuk berkenalan lebih jauh, kiranya perlu untuk dituliskan kembali di sini.

Nara= Saudara. Reba= Muda. Manggarai= nama sebuah daerah di ujung barat pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Dengan demikian, Nara Reba Manggarai berarti Saudara Muda Manggarai.

Penyebutan itu 'sedikit-banyak' dipinjam dari istilah Saudara Muda yang dipakai oleh para saudara dari Ordo Fratrum Minorum (OFM). Bagi biarawan OFM, para frater atau biarawan yang belum mengikrarkan Kaul Kekal dan sedang menjalani masa Studi disebut Saudara Muda.

Nara Reba Manggarai yang digunakan untuk menamai wadah ini juga mengamini konsep itu. Blog sederhana ini adalah kumpulan permenungan seorang saudara muda yang sedang berjuang mencapai tahap kedewasaannya; sejak lahir dan dibesarkan di kampung halamannya hingga kini saat mencari berguru di serambi perantauan.

Karena itulah, Nara Reba Manggarai adalah sebuah prasasti kecil yang di dalamnya turut termuat doa dan harapan tentang: "catatan perjalanan seorang saudara muda, perantau asal Manggarai - Flores - Nusa Tenggara Timur."
Nama

Artikel,1,Catatan,79,Internet,2,Lirik Lagu,24,Warganet,1,
ltr
static_page
Narareba: Tentang
Tentang
Nara Reba Manggarai diartikan sebagai catatan perjalanan seorang saudara muda, perantau asal Manggarai - Flores - Nusa Tenggara Timur".
Narareba
https://www.narareba.com/p/about-nara-reba.html
https://www.narareba.com/
https://www.narareba.com/
https://www.narareba.com/p/about-nara-reba.html
true
1096906672993080233
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Daftar Isi