Mengenal Tanaman Kopi Arabika Varietas Typica

Mengenal Tanaman Kopi Arabika Varietas Typica
Tanaman Kopi Arabika Varietas Typica - Ist.

Narareba.com Coffea arabica atau Kopi Arabika varietas Typica adalah salah satu dari beberapa varietas kopi yang paling terkenal dan tersebar luas di dunia. Tanaman ini merupakan salah satu dari dua spesies utama kopi yang paling umum ditanam dan dijual di seluruh dunia, yang lainnya adalah Coffea canephora atau yang lebih dikenal sebagai Coffea robusta.

Varietas Typica merupakan salah satu varietas Coffea arabica yang paling banyak ditanam di dunia, terutama di wilayah-wilayah tropis seperti Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara. Tanaman ini memiliki daun yang lebih halus dan berwarna hijau muda, serta menghasilkan buah yang berwarna merah pada saat matang.

Biji kopi yang dihasilkan dari Kopi Arabika Varietas Typica memiliki rasa yang lembut dan kompleks dengan nota-nota rasa seperti coklat, anggur merah, dan rempah-rempah. Kopi ini umumnya dianggap sebagai salah satu varietas kopi yang berkualitas tinggi oleh sebagian orang, dan sering dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas kopi lainnya.

Baca: Mengenal Jenis Tanaman Kopi yang Populer di Seluruh Dunia

Sejarah Kopi Arabika Varietas Typica

Tanaman Kopi Arabika Varietas Typica berasal dari Ethiopia, negara asal kopi di dunia. Varietas ini pertama kali ditanam di Ethiopia sekitar abad ke-6, dan kemudian mulai dibawa ke berbagai wilayah lain di dunia sebagai tanaman perkebunan kopi.

Pada abad ke-19, varietas Typica mulai ditanam secara luas di wilayah-wilayah tropis di seluruh dunia, terutama di Amerika Latin, Afrika, dan Asia Tenggara. Saat ini, varietas ini masih merupakan salah satu varietas kopi yang paling banyak ditanam di dunia, terutama di wilayahnya.

Kopi Arabika Varietas Typica
Kopi Arabika Varietas Typica – coffeeaffection.com

Tanaman ini juga memiliki tingkat kekerasan yang tinggi terhadap hama dan penyakit, sehingga lebih tahan terhadap serangan hama dan penyakit dibandingkan dengan varietas kopi lainnya.

BacaMengenal Tanaman Kopi Arabika Varietas Bourbon

Penggunaan Kopi Arabika Varietas Typica

Varietas Typica sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat kopi yang berkualitas tinggi, terutama kopi specialty. Kopi specialty merupakan kopi yang dianggap memiliki cita rasa yang unik dan kualitas yang tinggi, dan sering dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan kopi lainnya.

Selain itu, varietas Typica juga sering digunakan sebagai campuran dengan varietas kopi lainnya untuk membuat kopi dengan cita rasa yang lebih kompleks. Beberapa roaster kopi terkenal di dunia sering menggunakan varietas Typica sebagai salah satu bahan dasar dalam menciptakan kopi dengan cita rasa yang unik dan kompleks.

Varietas Typica juga sering digunakan dalam produksi kopi espresso. Kopi espresso merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari proses pembuatan kopi dengan menggunakan mesin espresso yang memaksa air panas melalui biji kopi yang telah disangrai dengan tekanan tinggi.

Penggunaan Kopi Arabika Varietas Typica
Varietas Typica – perunor.com

Varietas Typica sering dipilih untuk digunakan dalam produksi kopi espresso karena memiliki rasa yang lembut dan kompleks yang cocok untuk dibuat menjadi espresso.

Selain itu, Kopi Arabika Varietas Typica juga sering digunakan dalam produksi kopi sari kopi. Kopi sari kopi merupakan jenis kopi yang dihasilkan dari proses pengolahan biji kopi yang telah dicuci dengan cara dipipihkan dan dikeringkan, kemudian diolah menjadi bubuk kopi dengan mesin penggiling kopi.

Varietas Typica sering dipilih untuk digunakan dalam produksi kopi sari kopi karena memiliki rasa yang lembut dan kompleks yang cocok untuk diolah menjadi bubuk kopi.

Kesimpulan

Coffea arabica varietas Typica merupakan salah satu varietas kopi yang paling terkenal dan tersebar luas di dunia. Biji kopi yang dihasilkan dari tanaman ini memiliki rasa yang lembut dan kompleks dengan nota-nota rasa seperti coklat, anggur merah, dan rempah-rempah.

Varietas Typica juga merupakan salah satu varietas kopi yang paling tahan terhadap hama dan penyakit, sehingga lebih mudah ditanam dan dijaga dibandingkan dengan varietas kopi lainnya.

Kopi Arabika Varietas Typica sering digunakan dalam produksi kopi specialty, campuran kopi dengan cita rasa yang lebih kompleks, kopi espresso, dan kopi sari kopi. Varietas ini juga sering dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan varietas kopi lainnya karena dianggap sebagai salah satu varietas kopi yang berkualitas tinggi.

Artikel SebelumnyaMengenal Tanaman Kopi Arabika Varietas Bourbon
Artikel BerikutnyaApa Perbedaan Kopi Arabika dan Kopi Robusta?