Pemerintah Dituntut Bubarkan FPI

Pasca demo 4 November, tuntutan pembubaran ormas FPI bermunculan

Aksi demonstrasi 4 November 2016 oleh Gerakan Nasional Pendukung Fatwa MUI (GNPF-MUI) yang diprakarsai Front Pembela Islam (FPI) mendapat reaksi keras dari sejumlah kalangan. Mereka menuntut agar Organisasi FPI dibubarkan. Berikut video tuntutan pembubaran FPI yang tengah ramai diperbincangkan netizen:
Pemerintah Dituntut Bubarkan FPI


Protes dan tuntutan agar pemerintah berani mengambil langkah tegas untuk membubarkan FPI ternyata tidak hanya terjadi di daerah Pulau Jawa. Sebuah video dengan judul "MASYARAKAT DAYAK : BUBARKAN FPI !!! KAMI SIAP HADAPI FPI !!" yang diunggah oleh akun GLOBAL BALI CHANNEL juga menampilkan aksi serupa yang terjadi di luar pulau Jawa. Berikut videonya:

Petisi Bubarkan FPI

Protes serupa juga dilayangkan dalam bentuk surat petisi di halaman situs Change.org. Petisi yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo tersebut dibuat pada 6 November 2016 oleh akun Garuda Merah Putih dan hingga tulisan ini diturunkan telah mendapat dukungan dari 25.596 orang.

Mengapa pemerintah dan pihak yang berwenang harus membubarkan FPI? Berikut poin-poin yang disampaikan dalam petisi berjudul "Segera Bubarkan ormas anarkis FPI dan Tetapkan jadi ormas terlarang!" tersebut:
  1. Keberadaan ormas tersebut diyakini dapat mengancam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik ini, yakni: Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.
  2. Sepak terjang ormas tersebut selalu kental dengan aksi-aksi anarkis, kekerasan, dan intimidasi di tengah masyarakat yang telah terbukti dapat mengancam ketertiban dan keamanan milik warga masyarakat.
  3. Sejak berdiri di awal era reformasi, FPI telah ratusan kali melakukan kekerasan, mengganggu keamanan dan ketertiban, menyebarluaskan rasa permusuhan dan kebencian, baik antar suku, antar agama, ras, gender, antar golongan bahkan menyerang instansi maupun perorangan.
  4. Asas ormas tersebut bertentangan dengan UU RI Nomor 17 thn 2013 ttg Organisasi Kemasyarakatan Bab II pasal 2 yang berbunyi: Asas Ormas tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  5. Ciri ormas tersebut bertentangan dengan UU RI Nomor 17 thn 2013 ttg Organisasi Kemasyarakatan Bab II pasal 3 yang berbunyi: Ormas dapat mencantumkan ciri tertentu yang mencerminkan kehendak dan cita-cita Ormas yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  6. Tujuan ormas tersebut bertentangan dengan UU RI Nomor 17 thn 2013 ttg Organisasi Kemasyarakatan Bab III pasal 5 poin c, d, f, dan g yang berbunyi:
    (c) menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
    (d) melestarikan dan memelihara norma, nilai, moral, etika, dan budaya yang hidup dalam masyarakat;
    (f) mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong royong, dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat;
    (g) menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa;
  7. Ormas ybs dinilai tidak mampu menjalankan kewajiban seperti yang diatur di dalam UU RI Nomor 17 thn 2013 ttg Organisasi Kemasyarakatan Bab VI pasal 21 poin b, c, dan d yang berbunyi:
    (b) menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
    (c) memelihara nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan serta memberikan manfaat untuk masyarakat;
    (d) menjaga ketertiban umum dan terciptanya kedamaian dalam masyarakat;

Petisi Bubarkan FPI oleh Ratna Sarumpaet

Petisi online pada halaman change.org yang menggalang dukungan untuk pembubaran FPI ternyata pernah dibuat oleh Ratna Sarumpaet pada empat tahun lalu.

Petisi yang tercatat didukung oleh 19.905 orang tersebut, oleh Ratna Sarumpaet dimaksudkan untuk ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia pada masa itu yakni Susilo Bambang Yudhoyono.

Berikut kutipan petisinya:
Sebagai Presiden RI, Bapak tahu bahwa membiarkan brutalitas FPI sama artinya dengan membiarkan FPI menghancurkan ke-Indonesia-an kita, menghilangkan nilai-nilai keadaban yang terangkum dalam empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di Republik ini, yakni: Pancasila, UUD’45, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Sumber: Bubarkan FPI, Atau Berhenti Jadi Presiden RI !

Menariknya, Ratna Sarumpaet yang pernah menuntut pembubaran FPI ternyata ikut 'turun' dalam Aksi 4 November lalu. Media liputan6.com bahkan mengabarkan, Ratna juga termasuk salah satu orang yang diamankan oleh polisi sesaat sebelum demo di depan istana merdeka menjadi ricuh.
"Demonstrasi yang berlangsung di Istana Merdeka, Jakarta, mulai memanas. Dua orang diamankan polisi dengan dibawa ke arah samping kanan Istana.

Menurut Pantauan Liputan6.com di lokasi, Jumat (4/11/2016), satu di antara mereka yang diamankan adalah Ratna Sarumpaet. Kejadian itu berlangsung sekitar pukul 19.15 WIB." - Sumber: Demo 4 November, Ratna Sarumpaet Diamankan Polisi

COMMENTS

Nama

Ahok,1,Aksi Damai,6,Aku Mencintaimu Dalam Tulisan,1,BKH,2,Catatan Nara Reba,31,Cerita Nara Reba,31,Dapur,1,Enu Molas,1,Foto Daerah Manggarai,1,Ivan Nestorman,21,Jejak Nara Reba,15,Jokowi,5,Konferensi Pers,1,Lagu Daerah Manggarai,24,Narareba,1,Nikita Mirzani,14,Pemerintah Daerah Manggarai,11,Pilgub NTT,2,Pilkada Manggarai,42,Puisi,12,Pulau Flores,1,Religiositas Orang Manggarai,6,Review,2,SBY,2,Trending Topic,14,Unjuk Rasa,7,
ltr
item
Narareba: Pemerintah Dituntut Bubarkan FPI
Pemerintah Dituntut Bubarkan FPI
Pasca demo 4 November, tuntutan pembubaran ormas FPI bermunculan
https://1.bp.blogspot.com/-gH6NIOO6c9A/WB9AFG2T0uI/AAAAAAAAHtw/iHdiVa_xLBoCFK_cIz8oGabLVU5wY_QQQCLcB/s640/Pemerintah%2BDituntut%2BBubarkan%2BFPI.webp
https://1.bp.blogspot.com/-gH6NIOO6c9A/WB9AFG2T0uI/AAAAAAAAHtw/iHdiVa_xLBoCFK_cIz8oGabLVU5wY_QQQCLcB/s72-c/Pemerintah%2BDituntut%2BBubarkan%2BFPI.webp
Narareba
https://www.narareba.com/2016/11/pemerintah-dituntut-bubarkan-fpi.html
https://www.narareba.com/
https://www.narareba.com/
https://www.narareba.com/2016/11/pemerintah-dituntut-bubarkan-fpi.html
true
1096906672993080233
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy