Narareba

#Narareba adalah kata yang menyembul ke permukaan setelah sekian tahun, baik penulis maupun pembaca blog kecil ini, terbiasa menyebutnya dengan 'nama babtis' yang diterimanya di awal: Nara Reba Manggarai. Ini adalah tulisan yang sejak awal telah menjadi api untuk narareba: cikal bakal sekaligus samar di ujung batas sinar jangkaunya.

Narareba: Puisi, Jejak, Cerita dan Catatan
Aku tak pandai berdoa, seperti dulu. Aku juga tak pandai menggali kenangan, memupuk harapan. Saat ini, yang kulakukan adalah mengingatmu dan berjanji pada diriku sendiri dan Tuhan: ingatan tentangmu akan selalu hidup di sini, selamanya. - @narareba

Nara Reba Manggarai

Sejak awal, Nara Reba Manggarai adalah ruang untuk tulisan-tulisan lepas, wujud pemikiran yang tak tertampung lagi di balik lembaran diktat fotokopian dan catatan harian. Akan tetap seperti itu. Meski kini telah menjadi narareba.com, blog ini tetaplah sebuah catatan sederhana dari seorang perantau tentang:
  • Kenangannya akan Manggarai-Flores ...
  • Jejaknya tanah perantauan, Jakarta ...
  • Perjuangannya menjadi orang Manggarai ...
  • Perjumpaannya dengan kenyataan hidup ...
  • Juga, kerinduannya untuk kembali ke Nuca Lale...
Tema pembahasan tentang #Narareba ini dibagi dalam 4 (empat) sub-tema yang memberi warna tersendiri untuk Nara Reba Manggarai, yakni:

1. Puisi-puisi @narareba

kumpulan puisi @narareba
Mengapa harus ada tempat untuk puisi? Puisi adalah ungkapan isi hati yang tak utuh terbahasakan cerita. Puisi adalah pesan istimewa, di waktu tertentu, untuk orang tertentu, tentang hal tertentu. Puisi juga adalah sebentuk usaha, untuk terus mengasah kehalusan sekaligus kemurnian penyampaian pesan. Karena itulah, puisi selalu punya tempat di narareba. Mengutip apa yang juga diposting di dinding halaman Twitter @narareba: "Jika diam yang berbicara, akan lebih banyak muncul tanda tanya; seperti ketika hening tampil ke muka, bisik dan gumam akan serentak menyeruak dari balik senyap.."
(Baca: kumpulan puisi @narareba)



2. Jejak-jejak @narareba

kumpulan jejak @narareba
Jejak @nararaba adalah kumpulan tulisan beraroma kenangan; tentang ruang dan pengalaman yang pernah dilalui di dalamnya. Ada begitu banyak ruang, memang. Ada sekian banyak tempat yang telah dijajaki. Bila harus diurut satu per satu, semuanya akan dirunut seperti ini:
* Cuncalawar - Kumba - Ruteng
* Langgo - Carep - Ruteng
* Seminari Kisol - Borong
* Pagal - Cibal - Manggarai
* Ujung Tanah-Rencong hingga tepi Bumi-Papeda . . .
(Baca: kumpulan jejak @narareba)



3. Cerita-cerita @narareba

kumpulan cerita @narareba
@narareba adalah cerita seorang perantau. Itu persisnya. Di dalamnya ada kisah tentang masa lalu, saat ini, dan esok, esok untuk Manggarai dan generasi mudanya. Sebagaimana kata pepatah lama dari bumi Nuca Lale: "Don lako, don ita. Don Ita, don bae. Don bae, don pande. Don pande, don mose weki agu wakar." (The more we travel, the more we see. The more we see, the more we know; The more we know, the more we do; The more we do, the more physical and spiritual happiness we get). Semoga suatu saat, entah kapan atau dengan cara apapun, cerita-cerita di Nara Reba Manggarai akan membawa perubahan, sekecil apapun itu.
(Baca: kumpulan cerita @narareba)



4. Catatan-catatan @narareba

kumpulan catatan @narareba
Ada banyak hal yang terjadi dalam hidup. Beberapa dari antaranya sangat menarik, beberapa lainnya malah tidak sama sekali. Terlepas dari itu, sekecil apapun sebuah pengalaman, entah menarik atau tidak, tentulah akan menjadi sebuah pelajaran berharga jika direnungkan dan digali makna di baliknya. Ini adalah tempat untuk itu. Di dalamnya, sejumlah pengalaman akan diolah untuk dituangkan kembali menjadi catatan-catatan: agar yang baik diteruskan, yang kurang baik diperbaiki, dan yang tidak baik tidak kembali diulang. Semoga suatu saat akan berguna, sekurang-kurangnya sebagai pengingat-untuk-tidak-lupa.
(Baca: kumpulan catatan @narareba)
Nama

Ahok,1,Aksi Damai,6,Aku Mencintaimu Dalam Tulisan,5,Belajar Bahasa Manggarai,1,Catatan Nara Reba,27,Cerita Nara Reba,30,Dapur,1,Enu Molas,1,Foto Daerah Manggarai,1,Foto Nikita Mirzani,8,Ivan Nestorman,21,Jejak Nara Reba,14,Jejak Nikita Mirzani,3,Jokowi,5,Konferensi Pers,1,Lagu Daerah Manggarai,24,Nara Reba: Friends,2,Nara Reba: Profile,8,Nikita Mirzani,14,Pemerintah Daerah Manggarai,11,Pilkada Manggarai,42,Puisi Nara Reba,13,Pulau Flores,1,Religiositas Orang Manggarai,6,Review,2,SBY,2,Trending Topic,14,Unjuk Rasa,7,Video Daerah Manggarai,6,Video Nikita Mirzani,3,
ltr
static_page
NARAREBA.COM: Narareba
Narareba
#Narareba adalah kata yang menyembul ke permukaan setelah sekian tahun ia terlanjur akrab disapa: Nara Reba Manggarai.
NARAREBA.COM
http://www.narareba.com/p/narareba.html
http://www.narareba.com/
http://www.narareba.com/
http://www.narareba.com/p/narareba.html
true
1096906672993080233
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy