Cerita Nara Reba

Hidup yang tak dimaknai adalah hidup yang tidak layak untuk diceritakan. Kalimat itu masih terekam dalam ingatan, cuma saya lupa: dari mana, kapan, dan di mana ungkapan itu pernah saya dengar. Saya lupa. Begitu juga dengan sekian "mutiara" penting lainnya, tidak semuanya saya ingat. Cerita @narareba adalah sebuah tempat untuk menyimpan ingatan; pembantu di saat lupa, pengingat di saat tersesat.

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” - Pramoedya Ananta Toer


Bercerita: Bekerja Untuk Keabadian

Di ujung tahun 2014, saya berkesempatan untuk pulang ke Ruteng - Manggarai - Flores. Kota itu dan orang-orangnya sudah banyak berubah (ataukah cara saya memaknai Ruteng yang berubah?). Saat menjejakkan kaki di Kota Dingin itu, saya merasa asing dengan lingkungannya, dengan orang-orangnya, kecuali dengan hawa dingin dan keramahannya. Saya pun dianggap orang asing oleh sebagian tetangga di Langgo-Ruteng, efek kelamaan merantau.

Suatu sore, beberapa hari setelah saya mulai terbiasa dengan suasana itu, saya terkejut ketika seorang yang sama sekali tidak saya kenal, memberikan sapaan hangat saat saya sedang berjalan di kompleks pertokoan. "Nana yang tulis di narareba.com itu toh? Datang libur kah?" tanyanya dengan mata berbinar. Wah!! Di hari itu, seperti juga di hari ini jika pertanyaan dengan ekspresi yang sama diulang kembali oleh orang yang berbeda, saya kebingungan untuk memberi jawaban apa dengan ekspresi yang bagaimana.

Saya merasa dikenal baik oleh orang yang sama sekali tidak saya kenal!! Ya, karena ternyata dia adalah salah seorang pembaca setia blog sederhana ini, blog yang awalnya dimulai dengan puisi dan curhatan iseng. Persis di hari itulah saya akhirnya paham dengan apa yang pernah disampaikan Pram: "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah." Dengan terus menulis, saya akan dikenal - dan mengenal lebih banyak orang. Juga, dengan menulis, saya, orang-orang yang cintai, mereka-mereka yagn saya temui - terutama Manggarai yang menjadi fokus blog ini - akan abadi.

Begitulah, menulis adalah bekerja untuk keabadian. Lebih dari itu, bagi saya, menulis adalah bercerita. Itulah yang dituangkan di sini, dalam kumpulan label "Cerita Nara Reba". Dan, sebelum menutup pengantar tentang label ini, ijinkanlah saya sekali lagi menitipkan di sini kata-kata Pram untuk seseorang yang saya cintai: “Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapa pun? Karena kau menulis. Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh di kemudian hari.”

    Cerita-cerita Nara Reba


COMMENTS

BLOGGER: 1
Loading...
Nama

Ahok,1,Aksi Damai,6,Aku Mencintaimu Dalam Tulisan,5,Belajar Bahasa Manggarai,1,Catatan Nara Reba,28,Cerita Nara Reba,30,Dapur,1,Enu Molas,1,Foto Daerah Manggarai,1,Foto Nikita Mirzani,8,Ivan Nestorman,21,Jejak Nara Reba,14,Jejak Nikita Mirzani,3,Jokowi,5,Konferensi Pers,1,Lagu Daerah Manggarai,24,Nara Reba: Friends,2,Nara Reba: Profile,8,Nikita Mirzani,14,Pemerintah Daerah Manggarai,11,Pilkada Manggarai,42,Puisi Nara Reba,13,Pulau Flores,1,Religiositas Orang Manggarai,6,Review,2,SBY,2,Trending Topic,14,Unjuk Rasa,7,Video Daerah Manggarai,6,Video Nikita Mirzani,3,
ltr
static_page
Narareba: Cerita Nara Reba
Cerita Nara Reba
Cerita @narareba adalah sebuah tempat untuk menyimpan ingatan, pembantu di saat lupa, pengingat di saat tersesat, dan pada akhirnya: sebuah cara untuk berbagi.
Narareba
http://www.narareba.com/p/cerita-nara-reba.html
http://www.narareba.com/
http://www.narareba.com/
http://www.narareba.com/p/cerita-nara-reba.html
true
1096906672993080233
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy